Artikel

Kumpulan artikel bagi orang tua untuk meningkatkan kreativitas, kecerdasan hingga daya saing anak

Yuk, Latih Daya Ingat Anak  Dengan Menulis di Buku Tulis

Yuk, Latih Daya Ingat Anak Dengan Menulis di Buku Tulis

Menulis merupakan aktifitas yang kerap dilakukan dan menjadi sebuah kebiasaan saat anak belajar di sekolah, misalnya saat mencatat atau mengerjakan ujian. Pada kondisi seperti saat ini bukan berarti kebiasaan menulis tidak bisa dilakukan. Saat di rumah, anak juga tetap dapat menulis dengan tangan misalnya saat mengerjakan PR di rumah.  

Baca Selengkapnya
Simak Rahasia  Cara Mengajarkan Anak Menulis

Simak Rahasia Cara Mengajarkan Anak Menulis

Kemampuan paling dasar yang wajib dimiliki oleh setiap anak antara lain adalah membaca, berhitung dan menulis. Sebelum memasuki bangku sekolah, biasanya kita sudah mengajarkan kemampuan tersebut kepada anak di rumah. Mulai dari mengenal huruf, warna, mengeja kalimat dan mengenal nama-nama hewan atau buah. Meski demikian, hanya sebagian kecil orang tua yang memiliki kesabaran untuk mengajarkan kemampuan menulis pada anak.

Baca Selengkapnya
Andalkan Tulisan Tangan Selain Mengetik Ketika Belajar

Andalkan Tulisan Tangan Selain Mengetik Ketika Belajar

Pandemi virus COVID-19 yang menyebar dengan cepat telah menciptakan sebuah norma baru dalam bersosialisasi, yang salah satunya berimbas terhadap proses pembelajaran anak Indonesia. Kegiatan belajar mengajar di Indonesia telah berubah drastis sejak sekolah tutup pada Maret lalu untuk mencegah penyebaran, banyak siswa dan guru dituntut untuk cepat terkoneksi dan beradaptasi dengan dunia digital guna tetap melangsungkan pengajaran dan pembelajaran dari rumah. Tak terhindarkan jika hal tersebut sangat berdampak pada pola menimba ilmu anak Indonesia.

Baca Selengkapnya
Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir

Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir

Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 lalu memotret sekelumit masalah pendidikan Indonesia. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara.

Baca Selengkapnya