Logo Sidu Logo AyoMenulis
Logo Sidu Logo AyoMenulis
  • Home (current)
  • AYO MENULIS
  • GALERI
  • ARTIKEL
  • AKADEMI AYO MENULIS
  • TENTANG
  • KONTAK
Pelajari Keterampilan Pra-menulis untuk Belajar Efektif Anak

Pelajari Keterampilan Pra-menulis untuk Belajar Efektif Anak

Kamis, 12 Maret 2024

Kegiatan tulis tangan merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dikenalkan kepada anak sejak dini. Keterampilan ini tidak hanya diperlukan sebagai bekal masa depan, tetapi memiliki berbagai manfaat. Namun sebelum langsung menjelajah ke kemampuan tulis, ada baiknya kita ketahui keterampilan pra-menulis. 

Apa itu Keterampilan Pra-menulis?

Seorang anak sedang menggenggam krayon untuk membuat bentuk dan gambar

Dilansir dari Royal Children’s Hospital Australia, keterampilan ini adalah kemampuan dasar yang harus dikembangkan dalam diri anak untuk prestasi belajar dan kepintaran literasi mereka kelak. Kegiatan ini meliputi menggenggam serta menggerakkan alat tulis untuk membuat sebuah tulisan. Keterampilan ini memiliki peranan penting pada kemampuan anak dalam memegang dan menggunakan alat tulis untuk membuat gambar, mewarnai, menyalin, serta membuat sebuah tulisan dapat dipahami. 

Dalam kegiatan ini pada anak, biasanya diajarkan bentuk-bentuk dasar berupa huruf, angka, bentuk, lambang dan gambar sederhana. Keterampilan ini juga dipelajari dalam urutan tertentu dan pada tingkat yang juga disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Menulis dengan Tangan

Keterampilan Pra-menulis untuk Anak

Seorang anak sedang belajar menulis angka pada kertas soal latihan

Keterampilan pra-menulis adalah fondasi yang penting bagi perkembangan bahasa dan kemampuan menulis anak-anak. Tahap ini memainkan peran kunci dalam membantu anak-anak memahami konsep dasar menulis, memperkuat kemampuan motorik halus, serta mengembangkan pemahaman mereka tentang bahasa dan tata bahasa ketika masuk ke jenjang yang lebih tinggi. Yuk, pelajari lebih lanjut untuk pahami tahapannya di bawah ini

Tahap-tahap Keterampilan Pra-Menulis

Menurut North Valley Pediatric Therapy, sebelum mulai belajar menulis huruf dan angka yang lebih sulit, ada beberapa tahapan perkembangan yang harus pelajari terlebih dahulu, seperti termasuk meniru dan menyalin berbagai bentuk seperti |, —, O, +, /, kotak, \, X, dan Δ. 

Selain huruf dan angka, ada berbagai bentuk lain yang harus dipelajari anak dalam pra-menulis

Berikut adalah jenjang kemampuan menulis dengan tangan, yang bahkan sudah dimulai sejak lahir, seperti:

  1. Kemampuan motorik kasar (sensory motor pre-writing skills): Tahap pertama ini dimulai sejak lahir seperti menggerakan tubuhnya seperti kaki dan tangan. Ini ternyata membantu mengembangkan koordinasi motorik kasar yang diperlukan untuk menulis.
  2. Kemampuan motorik halus (fine motor pre-writing skills): mencakup perkembangan kemampuan yang diperlukan untuk mengontrol gerakan jari dan tangan dengan lebih tepat. Aktivitas seperti merangkai puzzle, memegang pensil atau crayon, serta menggunting.
  3. Keterampilan visual-motorik (Visual-motor pre-writing skills): anak belajar mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan untuk melihat objek atau mengikuti garis-garis pada kertas saat belajar menulis.
  4. Pemahaman Konsep Dasar Menulis: anak-anak mulai memahami konsep-konsep dasar seperti arah tulisan dari kiri ke kanan, garis dan bentuk, serta perbedaan antara gambar dan tulisan.

Orang tua harus memperhatikan berbagai aspek untuk mengetahui perkembangan kemampuan menulis anak

Menurut North Valley Pediatric Therapy juga, untuk mencapai kemampuan dasar menulis ada baiknya orang tua memperhatikan perkembangan anak dibawah ini: 

  1. Kekuatan tangan dan jari anak: tugasnya membantu mengendalikan gerakan alat tulis pada kertas.
  2. Kontrol tubuh bagian atas: kemampuan stabilitas bahu yang baik memungkinkan gerakan tangan mengontrol pensil dengan baik. 
  3. Crossing midline: kemampuan badan anak yang menjangkau ke arah berlawanan dengan melewati bagian tengah vertikal pada tubuh.
  4. Kemampuan memanipulasi barang: Kemampuan menggunakan berbagai alat seperti pensil, gunting, alat tulis lainnya beserta kertas.
  5. Genggaman pensil: cara memegang pensil mengikuti perkembangan kemampuan sesuai usianya.
  6. Persepsi visual: kemampuan otak untuk mengidentifikasi dan menafsirkan gambar visual yang dilihat oleh mata.
  7. Koordinasi tangan-mata: kemampuan mengolah informasi dari mata ke tangan untuk mengontrol tangan dalam melakukan berbagai kegiatan.
  8. Tangan dominan: Penggunaan satu tangan secara konsisten untuk menyelesaikan tugas (biasanya terjadi di usia 5 tahun)
  9. Koordinasi bilateral: anak dapat menggunakan dua tangan secara bersamaan dengan satu tangan yang memimpin.
  10. Dapat memilah bagian jari yang digunakan: misalnya hanya menggunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah untuk menggerakan alat tulis.

Baca Juga: 4 Keuntungan Anak Belajar Menulis dengan Tangan Setiap Hari

Berikut adalah tahapan pra-menulis anak yang bisa diperhatikan sebagai salah satu manfaat menulis tangan. Dengan memahami jenjang ini, diharapkan dapat membantu anak. Fungsi menulis dalam strategi belajar anak ini bisa dijadikan cara mengukur kebutuhan kegiatan belajarnya.

Metode belajar ini berfungsi untuk memaksimalkan kecerdasan anak untuk membantunya mencapai tujuannya sebagai menjadi siswa yang terampil. Agar semakin maksimal untuk mengetahui bakat anak, pastinya membutuhkan buku tulis sebagai sarana raih prestasi.

Agar semakin mudah memahami kebutuhan mata pelajaran anak, ada buku SiDU yang siap sedia bantu orang tua dan siswa maksimalkan kemampuan diri. Yuk, beli buku tulis lewat SiDU Official Store! Cek Official Store SiDU di Shopee, Tokopedia, Blibli.com, dan Lazada sekarang juga.

  • Logo Sidu
  • AYO MENULIS
  • GALERI
  • ARTIKEL
  • AKADEMI AYO MENULIS
  • TENTANG
  • KONTAK
  • Logo AyoMenulis

© 2025 - SiDU. All right reserved.

  • Syarat Penggunaan
  • Kebijakan Privasi
  • Hubungi Kami